welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Jumat, 01 Agustus 2008

BAHASA BERSIFAT AMBIGUOUS (AMBIGU)

BAHASA BERSIFAT
AMBIGUOUS (AMBIGU)

Bahasa bersifat ambiguous karena mempunyai arti dari kata yang tidak mutlak atau tepat. Teman yang baik berarti seseorang yang keluar hanngout ketika berkumpul dengan yang lain dan beberapa orang yang percaya serta yakin dengan yang lainnya.

Term “affordable clothes” berarti sesuatu yang berbeda kepada orang lain yang memakai pakaian ukuran minim dan kepada orang yang kaya. Kata-kata bisa sama tapi apa yang mereka artikan bisa saja beragam, yang merupakan hasil pengalaman-pengalaman yang unik.

Walaupun kata-kata tidak menunjukkan arti yang tepat kepada setiap seseorang. Sebagaimana sebuah budaya beberapa simbol yang telah disepakati dengan arti yang sama. Contohnya penggunaan warna bendera kertas kuning sebagai simbol kematian sedang untuk daerah lain dapat berarti pernikahan.

Seperti halnya kita semua tahu bahwa anjing makhluk yang mempunyai empat kaki. Hal tersebut didasari pengartian pribadi dan pengalaman dengan mereka. Didalam bahasa kita tidak hanya belajar tentang arti, jumlah dan masyarakat.


Di AS, anak-anak tidak cuma belajar bahwa anjing itu makhluk empat kaki, tapi lebih dari itu dapat membunuh dan dapat dimakan. Kita menerima asumsi/arti kata-kata hal yang sama kepada yang lain sebagaimana yang mereka lakukan pada kita. Karena bahasa bersifat ambiguous walaupun tidak selamanya manusia setuju arti tersebut.

Ambiguity selalu selalu ada dalam persahabatan dan hubungan yang romantis, seperti ; Martina memberitahu pacarnya bahwa dirinya merasa tidak diperhatikan, artinya ia menginginkan didengar lebih dekat, seperti yang dikatakannya. Walaupun dia sebernarnya mengharapkan lebih sering di telepon dan membukakan pintu untuknya.

CEO perusahaan memberitahukan kepada para karyawan untuk membatasi pemakaian komputer saat bekerja. Yang dimaksud CEO adalah agar para karyawan berhenti untuk menggunakan komputer untuk chatting dengan keluarga dan teman-teman.
Tapi para karyawan berfikir bahwa mereka diharapkan berhenti mengirim atau menjawab surat tentang berita perusahaan yang diluar spesifikasi pekerjaan mereka.

Disesuaikan dengan persahabatan counselors, bahasa ambiguous adalah masalah yang umum antar individu.(Beck.1988). seorang istri meminta suaminya untuk lebih sensitif, tapi dia dan suaminya mempunyai pemahaman yang berbeda tentang yang dimaksud dengan sensitif.

Sama halnya, menyampaikan kepada supervisor bahwa anda akan menghargai komentar terhadap kualitas pekerjaan bukan kalimat yang “mencerminkan jenis feedback atau aspek performen pekerjaan anda yang anda tangani”.

Untuk memperkecil masalah ambiguity, adalah penting untuk menjernihkannya segera mungkin saat berkomunikasi. Seperti akan lebih efektif untuk mengatakan : “saya mengharapkan sekali anda dapat memberikan penilaian/assesment dengan jujur terhadap tulisan laporan saya” dari pada anda mengatakan “saya harap anda memberi saya feedback”.

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.