tag:blogger.com,1999:blog-63278494572359957282024-02-02T11:44:53.117+07:00DUNIA KOMUNIKASIBlog berisi artikel dan bahan perkuliahan Komunikasi, dengan harapan dapat membantu rekan mahasiswa dalam studi ilmu komunikasi di kampus manapun anda berada.Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.comBlogger175125tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-40493069061151751642011-02-19T21:49:00.002+07:002011-02-19T21:49:55.232+07:00Tujuan Komunikasi dan PemasaranTujuan Komunikasi
Perubahan sikap dan perilaku konsumen
Pesan verbal maupun visual dalam iklan perlu memperhatikan tahapan-tahapan komunikasi, pada tahap awal ditujukan untuk menyadarkan konsumen tentang keberadaan produk awareness, ditujukan pula untuk mengenalkan brand, fungsi dan penetapan segmentasi atau pemakai.
Dalam awareness, profile produk, brand, dan figure dapat sangat dominan. #61Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-3070256432936491362011-02-19T21:48:00.001+07:002011-02-19T21:48:52.112+07:00STRATEGI KOMUNIKASI dan IKLANSTRATEGI KOMUNIKASI
“We can not communication because we are communication animal”
Graffin dan Ebert (1996:523) menyebutkan bahwa ”advertising is paid, nonpersonal communication used by an identied sponsor to inform an audience about product” karena iklan berhubungan dengan pemakaian ruang yang disewa disebuah media massa dengan menggunakan komunikasi nonpersonal.
Phil astrid S. Sutanto (1989:Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-77700420382784967892011-02-19T21:47:00.000+07:002011-02-19T21:47:39.841+07:00Organisasi bertahan dalam kompetisi ketatTerdapat 7 (tujuh) aspek dasar yang harus dicapai oleh organisasi agar dapat bertahan dalam kompetisi yang ketat saat ini, yaitu :
1. Konsumen tepat sasaran
2. Kualitas penciptaan produk terbaik melalui penguasaan teknologi terbaru.
3. Adanya diferensiasi produk yang ditawarkan dengan pesaing
4. Positioning produk dan perusahaan sebagai penggerak pasar
5. Kecepatan dalam penetrasi pasar
6. Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-84128974455818613592011-02-19T21:43:00.000+07:002011-02-19T21:43:37.500+07:00Proses perencanaan komunikasi pemasaranProses perencanaan komunikasi pemasaran
1. Identifikasi pasar, kebutuhan konsumen & persepsi konsumen
2. Menggambarkan dan mengoperasionalisasikan gambar hasil dari tujuan target group
3. Evaluasi sejauhmana prilaku yang tergambar diyakini dapat mencapai tujuan
4. Mempertanyakan apakah ada penghalang(gap) antara harapan ideal dan tampilan produk(performance). #9
Strategi memposisikan sebuah Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-16264073166539151712011-02-19T21:41:00.000+07:002011-02-19T21:41:29.555+07:00Tujuan umum komunikasi dan pemasaranTujuan umum komunikasi adalah untuk mencapai perubahan, seperti perubahan pengetahuan(knowledge change), perubahan sikap(attitude change), perubahan perilaku (behavior change), dan perubahan masyarakat(social change), dengan suatu asumsi awal bahwa pembelian produk oleh konsumen terjadi apabila terjadi perubahan sikap pada tataran conative, atau munculnya suatu kecenderungan untuk melakukan Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-20932940395054209442011-02-19T21:32:00.002+07:002011-02-19T21:32:38.243+07:00MEMFORMULASI TUJUANMEMFORMULASI TUJUAN
Setelah mengetahui situasi dan lingkungan perusahaan, tahap selanjutnya adalah tahap untuk menentukan arah dan mengoperasikan bisnis anda. Target pemasaran harus sesuai dengan tujuan dan misi perusahaan.
Setelah menentukan tujuan bisnis yang jelas dan mengidentifikasi hal atau tugas yang diperlukan, dan kapan tugas tersebut dilaksanakan, dan siap penanggung jawab tugas Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-85024701462524510412011-02-19T21:31:00.002+07:002011-02-19T21:31:52.825+07:00IDENTIFIKASI MASALAH DAN PELUANGIDENTIFIKASI MASALAH DAN PELUANG
Tanyakan pada diri anda “Apa yang akan terjadi di kemudian hari?” setelah anda mengetahui seluruh kekuatan dan kelemahan dari perusahaan anda, barulah anda mensejajarkan perusahaan anda dengan peluang-peluang yang ada di pasar. Perubahan diluar perusahaan sangat fluktuatif, perubahan kultur, nilai, teknologi, opini public, dan strategi pesaing bisnis akan Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-43224525917003399462011-02-19T21:29:00.000+07:002011-02-19T21:29:16.320+07:00Analisa Personel, Kekuatan Finansial, dan FasilitasAnalisa Personel
- Bagaimana sikap karyawan terhadap pertumbuhan perusahaan? Termasuk penetrasi pasar?
- Apakah seluruh karyawan dibawah standar kualifikasi atau melebihi kualifikasi?
- Intensif apa saja yang diberikan kepada karyawan,seperti bagian penjualan, yang mengikuti pelatihan atau promosi?
- Apakah penggajian karyawan sama dengan perusahaan dibidang yang sama atau lebih tinggi? Apakah Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-24963840136768853442011-02-19T21:25:00.002+07:002011-02-19T21:25:47.822+07:00PROSES PERENCANAANMEMAHAMI PROSES PERENCANAAN
Analisa Situasi (dimana posisi kita sekarang)
Kita harus mengetahui posisi perusahaan kita dalam persaingan bisnis, mengetahui kekuatan dan kelemahan kita, sehingga dapat dihindari atau di tanggulangi.
Kita dapat memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini :
- Siapa konsumen kita
- Apa permintaan dari produk kita
- Seberapa besar pangsa pasar
- Seberapa Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-68571036754219206012011-02-19T21:24:00.000+07:002011-02-19T21:24:09.268+07:00RENCANA PEMASARAN, TUJUAN DAN STRATEGI BISNISMERENCANAKAN PEMASARAN,
MENENTUKAN TUJUAN DAN STRATEGI BISNIS
Strategi pemasaran produk, Paul N. Bloom & Louise N. Boone, prestasi pustaka,jkt,2006
Tanpa adanya rencana pemasaran, seluruh usaha pemasaran akan bersifat reaktif daripada proaktif(menunggu terjadi dari pada menciptakan kegiatan).
Sebuah perencanaan pemasaran adalah sebuah dokumen kerja yang akan anda dan orang lain dalam bisnis Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-37258096739992278832011-02-14T21:06:00.002+07:002011-02-14T21:06:44.257+07:00JENIS PROMOSI MarketingJENIS PROMOSI dan jasa dapat dikategorikan kedalam marketing communications mix yang terdiri atas sarana-sarana komunikasi, seperti berikut :
a. salesforce (personal selling)
b. periklanan
c. promosi penjualan
d. penjualan langsung (data base marketing)
e. public relations
f. sponshorships
g. eksibisi
h. corporate identity
i. packaging(pengemasan)
j. point of sale, marchandising
k. word of mouth
Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-34799284702730419012011-02-14T21:05:00.000+07:002011-02-14T21:05:18.456+07:00TARGET MARKET COVER & WEIGHTTARGET MARKET COVER & WEIGHT
Komunikasi pemasaran yang konvensional bisa didefinisikan sebagai pencampuran praktik komunikasi media masa dengan komunikasi antarpribadi yang ada.
Karena pencampuran ini maka harus ada yang menjadi target dan sasaran yang menjadi ukuran keberhasilan komunikasi pemasaran. Maka perusahaan harus menghitung berapa anggaran(budjet) yang diperlukan dalam menyiapkan Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-25787647330740435832011-02-14T21:03:00.001+07:002011-02-14T21:03:10.401+07:00Komunikasi Eksternal MarketingKomunikasi Eksternal
Komunikasi internal bergerak dan terfokus pada komunikasi luar organisasi, dan yang menjadi sasaran komunikasi eksternal biasanya pelanggan. Dengan harapan mereka akan menularkan informasi atau pesan kepada masyarakat yang lebih luas, sesuai dengan teori two step level dari Harrold Lasswell.
Komunikasi pemasaran penting untuk hal-hal berikut :
a. Sarana Komunikasi ; dapat Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-71468523041250129872011-02-14T21:02:00.000+07:002011-02-14T21:02:29.525+07:00Komunkasi Internal MarketingKomunkasi Internal
Beberapa beranggapan bahwa komunikasi internal perusahaan itu hanya terkait dengan otoritas dan kerja public relations atau pemimpin perusahaan saja. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena keberhasilan komunikasi internal sangat tergantung pada aktifitas interaksi individu dalam struktur. Ada beberapa alasan mengapa komunikasi internal menarik pelaku pasar yaitu :
a. Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-84139850139658790472011-02-14T20:58:00.002+07:002011-02-14T20:58:30.714+07:00Lingkup Komunikasi PemasaranLingkup Komunikasi Pemasaran
Pada kenyataannya lingkup komunikasi pemasaran lebih luas dari penerapannya. Pelaku pasar lebih tertarik pada efektifitas komunikasi pemasaran internal dan eksternal, maka harus ada keseimbangan antara komunikasi internal dan eksternal yang ada.
Dapat dikatan bahwa komunikasi pemasaran akan sangat tergantung pada faktor-faktor lain dari perusahaan, terutama masalah Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-40415680089071635722011-02-14T20:57:00.000+07:002011-02-14T20:57:26.106+07:00Anggapan keliru terhadap komunikasi pemasaranAnggapan Keliru terhadap komunikasi pemasaran
Transfer pesan dari perusahaan kepada khalayak dan pelanggan membutuhkan investasi yang sangat besar. Biasanya perusahaan menghabiskan dana sekitar 15% dari budget perusahaannya untuk kebutuhan komunikasi pemasaran. Maka komunikasi pemasaran dilakukan secara terperinci, terkoordinasi, dan terprediksi dengan baik.
Karena itu terjadilah anggapan Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-7140444520164701032011-02-14T20:55:00.002+07:002011-02-14T20:55:56.397+07:00SIFAT DASAR KOMUNIKASI PEMASARANSifat ilmu komunikasi pemasaran yang lain adalah bahwa komunikasi pemasaran bukan lah suatu proses sistem yang berjalan satu arah, tapi dua arah. Seperti perusahaan yang harus berusaha memberikan informasi pada konsumen tentang produk mereka, dan sebaliknya masukan dari konsumen sangatlah berarti baik langsung maupun tidak langsung tentang produk untuk meningkatkan kualitas produk yang mereka Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-83764337786348906512011-02-14T20:54:00.000+07:002011-02-14T20:54:20.738+07:00Marketing Communications MixPada dasarnya marketing communications mix, terdiri dari atas 4 (elemen) dasar, De Loizer yang dilanjutkan Kotler kemudian bentuknya dimodifikasi oleh Crosier dan Shimp. Kemudian, konsep tersebut dirumuskan oleh Belch tahun 1995 menjadi marketing communication mix, yang terdiri atas 4 (empat) kegiatan dasar :
Public relation ------- Advertising ------- sales production ------- Personal Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-24106295588505350992011-02-14T20:51:00.000+07:002011-02-14T20:51:10.837+07:00PEMASARANdefinisi
Terkadang pemasaran di samakan dengan sales, padahal tidak sepenuhnya benar, pada suatu pandangan, perspektif pemasaran terdiri atas periklanan dan aktifitas retail, dimana riset pasar harga atau perencanaan adalah hal yang begitu mutlak dan sangat diperlukan.
Menurut AMA (American Marketing Association), mengartikan pemasaran sebagai berikut ;
”The process of planning and Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-55799589345832537162011-02-14T20:49:00.000+07:002011-02-14T20:49:30.794+07:00KOMUNIKASI PEMASARAN Strategi dan Taktik(Ilham prisgunanto, Ghalia Indonesia, Bogor, 2006)
sekilas komunikasi pemasaran
Komunikasi secara mudah dapat diartikan sebagai proses transfer pesan dalam penyaluran informasi atau message melalui sarana atau saluran komunikasi kepada komunikan yang dituju. Dan yang menjadi pokok masalah komunikasi adalah tidak sampainya pesan kepada komunikan. Dan seiring perkembangan pembahasan itu pun Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-10633865091122850722011-01-20T07:03:00.000+07:002011-01-20T07:04:21.428+07:00Opini Public dan Citra PerusahaanDasar-dasar Public Relations, Prof. Dr. Soleh Soemirat, Drs.Elvinaro Ardianto, M.Si, Rosdakarya, 2008MySpace Codes! <!-- Begin: http://adsensecamp.com/ --><!-- End: http://adsensecamp.com/ -->Djoenaesih S. Soernarjo, dalam bukunya opini publik sering menterjemahkan Opini publik dengan arti “pendapat umum”. Para pakar komunikasi yang menterjemahkan Public Relations sebagai pendapat umum adalah Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-5753373060716469662011-01-20T06:52:00.000+07:002011-01-20T06:54:05.610+07:00Citra PerusahaanDasar-dasar Public Relations, Prof. Dr. Soleh Soemirat, Drs.Elvinaro Ardianto, M.Si, Rosdakarya, 2008MySpace Codes!<!-- Begin: http://adsensecamp.com/ --><!-- End: http://adsensecamp.com/ --> Saat ini makin banyak perusahaan yang memahami pentingnya citra perusahaan, dalam suatu penelitian terhadap seratus top eksekutif, lebih dari 50% menganggap “penting sekali untuk memelihara publik yang baik”Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-16139297031676661212011-01-20T06:49:00.000+07:002011-01-20T06:51:12.761+07:00EFEK KOMUNIKASI(Rosady Ruslan,Raja Grafindo persada,2000,21)MySpace Codes!<!-- Begin: http://adsensecamp.com/ --><!-- End: http://adsensecamp.com/ --> Efek komunikasi adalah perubahan dalam ;- Opini- Opini pribadi - Opini public- Opini mayoritas- Sikap dan tingkah laku (attitude and behavior)- Pandangan, persepsi, dan ide (conception, perception, idea) - Kepercayaan dan image.Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-56123990102550341212011-01-20T06:45:00.000+07:002011-01-20T06:48:25.140+07:00HASIL OPINI PUBLIK tidak sesuai harapanJIKA TERNYATA HASIL OPINI public tidak sesuai harapan(Rosady Ruslan,Raja Grafindo persada,2000) #33MySpace Codes!<!-- Begin: http://adsensecamp.com/ --><!-- End: http://adsensecamp.com/ --> Menggunakan prosedur PR, menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center, dimulai dari :a. Fact finding (menemukan fakta lapangan)b. Planing yang bagusc. Teknik komunikasi yang sesuai d. Evaluasi Jika ternyata Berbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-6327849457235995728.post-46507124383776077642011-01-20T06:36:00.000+07:002011-01-20T06:38:46.058+07:00PR Perguruan TinggiMySpace Codes!<!-- Begin: http://adsensecamp.com/ --><!-- End: http://adsensecamp.com/ -->Dibanyak negara tidak menaikkan anggaran pendidikan untuk menutupi biaya kelas, riset, dan layanan luar kampus, dan dibeberapa kampus pembengkakan biaya ini ditutup dengan menaikan uang pendaftaran dan SPP,Perguruan tinggi sendiri menghadapi 4 problem yang terus berlanjut :1. Dukungan finansia yang sulit danBerbagihttp://www.blogger.com/profile/12521080872530916180noreply@blogger.com0