welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Jumat, 01 Agustus 2008

Bagaimana mengkomunikasikan Emosi dengan Efektif

Petunjuk bagaimana mengkomunikasikan Emosi dengan Efektif
Guidelines for communicating emotions effectively

Mengidentifikasi Emosi Kita
Identify Your Emotions

Sebelum kita mengkomunikasikan emosi kita kita harus terlebih dahulu mengidentifikasikan perasaan kita sesungguhnya. Emosi merupakan campuran dari perasaan. Jadi kita harus mengetahui perasaan yang paling dominan dalam diri kita.

Pilihlah Cara Bagaimana Mengkomunikasikan Emosi Anda
Choose how to communicate your emotions

Pertama dengan muka mengekspresikan apa yang kita rasakan itu yang kita tunjukan kepada orang lain, kedua memikirkan dengan bijaksana atau ingin meminta belas kasihan tentang apa yang kita rasakan dan ingin memikirkan apa yang kita ceritakan apa menyakiti perasaan orang lain atau tidak.
Empat kriteria pedoman bagaimana kita mengekspresikan emosi kita: pertama menguraikan keadaan yang sekarang. Tetapi terkadang kita tidak ingin memberitahukan apa yang kita rasakan terhadap orang lain dan kita menyimpanya sendiri tetapi terkadang kita juga ingin memberitahukan apa yang kita rasakan terhadap orang lain dan kita berharap orang lain mau menyimpanya dan sebagai teman yang baik pasti akan selalu ada kita.
Ketiga mempunyai standar ukuran untuk menyeleksi waktu yang tepat untuk mendiskusikan perasaan kita. Terkadang seseorang tidak dapat mendengarkan keluhan kita dengan baik, bisa dikarenakan faktor psikologi, fisik yang mempengaruhi dalam menjadi pendengar yang baik terhadap keluhan kita. Dan yang terakhir menyeleksi setting untuk mendiskusikan perasaan yang pantas. Menceritakan cerita yang gembira ketika dekampus atau ke mall atau menceritakan hal yang sedih tidak diruang publik.

Rasakan Bagaimana Perasaanmu Berbicara
Own Your Feelings

Seperti I language dan Y language. I language dimana bukan orang lain yang bertanggung jawab akan perasaan kita dan Y language dimana kita yang bertanggung jawab akan perasaan kita.

Perhatikan Hatimu berbicara
Monitor Your Self Talk

Adalah komunikasi didalam diri kita sendiri, ketika kita memutuskan tidak marah ada emosi yang bekerja apakah kita akan mengekspresikan persaan kita atau tidak. Dan kita harus memonitor semua persaan yang ada didalam diri kita.

Belajar mengadopsi Emosi rasional, dalam menangani perasaan
Adopt Rational-Emotive Approach To Feelings

Mengembangkan cara berpikir rasional untuk memberikan tantangan kelemahan berpikir tentang emosi kita dan menggali konsep diri kita dan hubungan interpersonal. Langkah pertama ; memonitor emosional kita terhadap suatu kejadian dan tekanan, kedua; mengidentifikasikan kejadian dan situasi yang menimbulkan respon yang tidak menyenangkan. Ketiga ; mendengarkan kata hati dan isi yang dikepala.

Merespon Dengan Sensitif Saat Orang Lain Curhat
Respond Sensitively when Others Communicate Emotions

Sensitif terhadap perasaan yang diekspresikan dan mempunyai keahlian dalam mendengar dan merespon yang lainya ketika membagi perasaanya terhadap diri kita. Memberikan solusi terhadap terhadap ekspresi emosinya bukanlah hal yang palig pertama dibutuhkan dalam menerima ekspresi emosi dari orang lain, tetapi yang paling penting memberikan kebebasan kepadanya dalam mengekspresikan emosi, dengan demikian membuat kita melibatkannya dalam diskusi tentang emosinya, menerima penjelasan emosinya dan menjadi pendengar yang baik kemudian mendiskusikannya secara berkelanjutan semua hal itu dapat menujukan empati kita terhadapnya dan mengkonfirmasikannya kembali.

KESIMPULAN

Kita dapat berpikir dalam perbedaan pandangan dan pengalaman dalam mengekspresikan emosi-emosi kita. Dari review teori-teori kita sebelumnya kita melihat emosi dari segi psikologi, persepsi, bahasa dan dimensi sosial. Dan kita juga belajar mengapa beberapa alasan untuk tidak mengekspresikan emosi kita atau tidak efektif dalam mengekspresikan emosi kita terhadap orang lain. Akhirnya kita fokus dengan petunjuk bagaimana secara efektif mengekspresikan emosi kita atau merespon perasaan kita terhadap orang lain dengan cara mengidentifikasikan perasaan kita, memilih bagaimana kita mengkomunikasikan emosi kita, perasaan kita, monitor diri, mengadopsi secara rasional pendekatan emosi kita dan menrespon secara sensitif emosi kita terhadap yang lain.
Kita tidak selalu dapat mengidentifikasikan komunikasi emosi kita mudah dalam segala situasi. Bagaimanapun kita dapat memberikan fondasi untuk mengerti dan menrespon perasaan kita secara efektif terhadap orang lain.


Daftar pustaka
Wood, Julia T, 2004. Interpersonal Communication, 4th Edition.

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.