welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Jumat, 01 Agustus 2008

BAHASA ARBITRARY

BAHASA ARBITRARY
(Tidak Statis)


Bahasa bersifat arbitrary, maksudnya adalah kata-kata tidak dapat secara asli sebagaiman yang mereka tunjukkan. Buku kata tidak jujur, atau mempunyai hubungan dengan yang mereka baca sekarang. Semua jenis simbol itu arbitrary karena kita bisa saja dengan mudah menggunakan simbol orang lain selama simbol tersebut sudah disetujui/diterima oleh pemahaman dan pengertian mereka.

Kadang kata-kata terlihat betul karena sebagian kelompok masyarakat setuju dalam menggunakan kata tersebut untuk tujuan tertentu. Abritrary bahasa yang murni menjadi jelas – terkadang humoris – ketika kita menjelaskan tentang arti dari kata kita yang tidak mempunyai arti yang sama dengan bahasa yang berbeda, seperti kata Gedang dalam bahasa sunda dapat berarti Pepaya sedang dalam Bahasa Jawa dipahami sebagai Pisang, seperti juga kata “Atos” dalam bahasa Sunda berarti “Sudah” sedang dalam bahasa Jawa Serang berarti “ “Keras”, kata ‘Amis’ dalam bahasa sunda berarti ‘manis’ sedang dalam bahasa daerah lain berarti bau tidak sedap pada ikan.

Karena bahasa bersifat arbitray, maka arti dari kata-kata dapat berubah setiap waktu. Di dunia lain bahasa sangat dinamis, pada tahun 1950an, “gay” diartikan sebagai orang yang “Perlente” ”Lighthearted”(berhati mulia) dan sudah menikah, sedangkan saat ini seorang “gay” diartikan orang yang “homoseksual”.

Kata-kata “geek” dan “nerd” dipakai sebagai kata insults(penghinaan), tapi hari ini makna dari kata tersebut berubah menjadi hal menandakan orang yang dikagumi yang sangat ahli dalam teknologi.

Bahasa kita selalu berubah tatkala terbentuk dunia baru. Beberapa orang amerika afrika mulai menggunakan rasa tidak hormat sebagai istilah untuk mengungkapkan merendahkan seseorang. Sekarang term rasa tidak hormat dan bentuk singkat, penolakan, ditunjukkan dengan berbagai bahasa. Singkatnya mempelajari kata dan bahasa merupakan hal yang sangat penting untuk di perdalam karena termasuk pokok akar pemahaman kita dalam berkomunikasi dengan orang lain dimanapun dan kapanpun.

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.