Komunkasi Internal
Beberapa beranggapan bahwa komunikasi internal perusahaan itu hanya terkait dengan otoritas dan kerja public relations atau pemimpin perusahaan saja. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena keberhasilan komunikasi internal sangat tergantung pada aktifitas interaksi individu dalam struktur. Ada beberapa alasan mengapa komunikasi internal menarik pelaku pasar yaitu :
a. Manajemen pemasaran jarang melalui otoritas, biasanya para pelaku pasar(marketer) lebih sering menggunakan persuasi bukan perintah.
b. Aktifitas pemasaran digunakan sebagai kunci informasi yang mencerminkan bagaimana seharusnya perusahaan melakukan tindakan dan strategi.
c. Manajemen pemasaran mengumpulkan dan mengkoordinasikan penyedia data pasar untuk penyusunan perencanaan strategi dari analisis kondisi saat ini(seperti ukuran pasar, potensi, tren, dll.)
d. Komunikasi pemasaran memainkan peranan yang sangat penting dalam memotivasi performa staf yang berefek langsung kepada kualitas produk, layanan dan kebutuhan yang diharapkan dari para pelanggan.
e. Banyak perusahaan berusaha membuat program sosialisasi dan proyek pengenalan sebagai pengembangan dari bisnis internal dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan, seperti mereka mengadakan pelatihan, tugas belajar, training, upgrading, dan lain-lain yang berkaitan dengan pengembangan pengetahuan staf dan karyawan. #24
Tidak ada komentar:
Posting Komentar