welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Senin, 14 Februari 2011

Marketing Communications Mix

Pada dasarnya marketing communications mix, terdiri dari atas 4 (elemen) dasar, De Loizer yang dilanjutkan Kotler kemudian bentuknya dimodifikasi oleh Crosier dan Shimp. Kemudian, konsep tersebut dirumuskan oleh Belch tahun 1995 menjadi marketing communication mix, yang terdiri atas 4 (empat) kegiatan dasar :

Public relation ------- Advertising ------- sales production ------- Personal Selling

Gmbr.1
4 elemen dasar marketing mix


Dasar dari komunikasi pemasaran adalah lebih mengarah pada perpaduan antara komunikasi organisasi dengan komunikasi pribadi, yang lebih dikenal sebagai ‘keintiman’ yang penting dalam menentukan efektifitas dalam komunikasi. Diambil dari konsep Miller dalam hubungan komunikasi antar pribadi lebih lanjut. #9

Sebagian ahli sudah tau arti penting komunikasi pemasaran tapi sedikit yang tahu apa dasar dari komunikasi tersebut, apa yang harus mereka jaga dan ’sentuh’. Dan yang perlu diketahui adalah bahwa tujuan komunikasi pemasaran adalah menciptakan keintiman dalam hubungannya dengan pertukaran.

Jadi inti dari komunikasi pemasaran adalah efektifitas hubungannya dengan perubahan sikap manusia dalam membuat keputusan pembelian terhadap produk jasa. Dan harus di hindari adanya propaganda atau agitasi (penciptaan persepsi negatif). Dapat pula lebih diartikan sebagai kemampuan manusia dalam menyatukan pikiran antara komunikator dengan komunikan. #10

HASIL AKHIR komunikasi adalah perubahan sikap lawan bicara atau komunikan ..yang diartikan sebagai sikap menerima komunikan akan pesan yang dibawa oleh komunikator dalam pertukaran yang dimaksud.

SASARAN UTAMA dalam Strategi Pesan Komunikasi Pemasaran sama dengan komunikasi antar pribadi, yaitu menciptakan keintiman dan rasa dekat kepada sesuatu yang diciptakan oleh komunikator (perusahaan atau institusi). #11


DALAM ERA GLOBALISASI informasi saat ini, segala sesuatu diciptakan praktis dan efisien, demikian juga dengan pemikiran orang, menjadi sederhana dan hanya mau berfikir yang praktis-praktis saja. Maka dari itu penyusunan strategi dan taktik komunikasi pemasaran lebih mengutamakan faktor kesederhanaan, mudah dicerna dan dimengerti, dan tidak berbelit-belit. (al Ries & Jack Trout, 2003. positioning : the battle for your mind, jkt, salemba empat, hal 12), #12

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.