(Ilham prisgunanto, Ghalia Indonesia, Bogor, 2006)
sekilas komunikasi pemasaran
Komunikasi secara mudah dapat diartikan sebagai proses transfer pesan dalam penyaluran informasi atau message melalui sarana atau saluran komunikasi kepada komunikan yang dituju. Dan yang menjadi pokok masalah komunikasi adalah tidak sampainya pesan kepada komunikan. Dan seiring perkembangan pembahasan itu pun berkembang lebih luas lagi. #1
Keberhasilan berkomunikasi sangat ditentukan oleh teknik pengolahan pesan yang apik dan diasosiasikan sebagai usaha pihak si komunikator. Sementara hal yang menyedihkan adalah komunikasi pemasaran dianggap hanya sebagai alat pelengkap (tools) saja dalam proses pemasaran karena dianggap pijakan teoritisnya tidak ada dan lemah, dan komunikasi dianggap tidak penting.
Sejarah membuktikan bahwa komunikasi mampu dijadikan alat untuk memenangkan perang. Sejarah retorika menyebutkan pada masa Ad Hellenium, kekaisaran Romawi membentuk kekuatan militer dengan memadukan kekuatan fisik dengan kata-kata, dan kemenangan kata-kata dianggap lebih agung dari pada hanya menggunakan fisik dan senjata militer, dan pada masa tersebut di kenal Cicero, yang keagungannya melebihi para jenderal yang mampu menaklukkan daerah dengan kekuatan fisik. Sementara beda saat itu dengan saat sekarang, adalah saaat ini komunikasi digunakan untuk keperluan kemashlahatan umat (keuntungan dan kenyamanan bersama). #3
Blog berisi artikel dan bahan perkuliahan Komunikasi, dengan harapan dapat membantu rekan mahasiswa dalam studi ilmu komunikasi di kampus manapun anda berada.
welcome
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Main game yuk !
|
|
Add Games to your own site |
Saran dan Masukan
Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar