welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Kamis, 20 Januari 2011

Opini Public dan Citra Perusahaan

Dasar-dasar Public Relations, Prof. Dr. Soleh Soemirat, Drs.Elvinaro Ardianto, M.Si, Rosdakarya, 2008

Click to get cool Animations for your MySpace profile
MySpace Codes!




Djoenaesih S. Soernarjo, dalam bukunya opini publik sering menterjemahkan Opini publik dengan arti “pendapat umum”. Para pakar komunikasi yang menterjemahkan Public Relations sebagai pendapat umum adalah Astrid S.Susanto,(guru besar komunikasi UI), dan yang menyebut Opini Publik adalah Onong Uchjana Effendy,(guru besar komunikasi unpad)
John Dewey, dalam buku Effendy(1992), mendefinisikan publik sebagai sekelompok orang yang bersama-sama dipengaruhi oleh suatu kegiatan atau gagasan khusus. Cutlip dan Center menyebutkan bahwa publik merupakan sebuah kata benda kolektif bagi suatu kelompok-sekelompok orang yang sama-sama terikat oleh suatu kepentingan yang sama dan menunjukkan perasaan yang sama.
Marian D.Irish dan James W. Prothro, dalam Effendy, menyebutkan bahwa opini publik adalah ekspresi sikap mengenai persoalan masyarakat.
Mencakup :
1. Ekspresi, tidak termasuk opini, tapi sikap ini harus dikomunikasikan kepada orang lain, sementara ahli lain menyebut sikap sebagai opini publik yang tersembunyi.
2. Persoalan (issue), yang dimaksud adalah yang mengandung pro dan kontra, kemudian timbul opini yang kadang menyenangkan atau tidak menyenangkan.
3. Kemasyarakatan, Leonard W. Doob, opini publik merujuk pada sikap orang-orang mengenai persoalan masyarakat apabila mereka dari kelompok sosial yang sama.
Emory S. Bogardus, opini publik bisa merupakan bentuk yang di perbesar dari opini publik bisa merupakan bentuk yang diperbesar dari opini perseorangan atau lebih anggota suatu kelompok.
Bernard Berelson, menyebutkan opini publik adalah beberapa jenis komunikasi mengenai beberapa jenis persoalan masyarakat, yang ditampilkan untuk menarik perhatian beberapa jenis orang dalam beberapa jenis kondisi, menimbulkan beberapa jenis efek. (106)

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.
Follow kangazi99 on Twitter