Effective Public Relations, Scott,Allen,Glen, Kencana Predana Med., 2009,238).
Penulis dari editor Atlantic Monthly di abad ke-19 James Russel Lowell mengatakan, “tekanan dari opini publik adalah seperti atmosfer, anda tidak dapat melihatnya tapi tekanannya (terasa) seberat 16 pon per inci persegi.
Hal ini relevan dengan riset yang meneliti liputan kampanye pemilihan presiden AS menemukan banyak bukti “hubungan yang kuat antara liputan media dan opini publik dalam pemilihan presiden. (Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach, Tehories of Mass Communication, 4th ed.(New York:Longman, 1982),226.
Opini publik tidak selalu logis; opini publik tidak berbentuk, ambivalen, kontradiktif, mudah berubah. Konsekuensinya, mereka yang mempengaruhi opini public hanya dapat berharap bahwa usaha kita, dari waktu kewaktu, menimbulkan konsensus terhadap persepsi yang masuk akal terhadap isu. (Edward M. Block, “How Public Opinion is Formed, “Public Relations Review 3, No.3(Fall,1977):15.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar