welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Kamis, 20 Januari 2011

Citra Perusahaan

Dasar-dasar Public Relations, Prof. Dr. Soleh Soemirat, Drs.Elvinaro Ardianto, M.Si, Rosdakarya, 2008

Click to get cool Animations for your MySpace profile
MySpace Codes!




Saat ini makin banyak perusahaan yang memahami pentingnya citra perusahaan, dalam suatu penelitian terhadap seratus top eksekutif, lebih dari 50% menganggap “penting sekali untuk memelihara publik yang baik”. Dengan perkataan lain citra perusahaan adalah fragile commodity (komoditas yang rapuh/mudah pecah). Namun kebanyakan perusahaan juga meyakini bahwa citra peusahaan yang positif adalah esensial, sukses yang berkelanjutan dan dalam jangka panjang (1992:193).
Menurut Bill Canton dalam Sukatendel (1990) bahwa citra adalah “image; the impresseion, the feeling, the conception which the public has of a company; a concioussly created created impression of an object, person or organization”(Citra adalah kesan perasaan, gambaran diri publik terhadap perusahaan kesan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu objek, orang atau organisasi).
Sukadentel menawarkan definisinya, yaitu PR adalah salah satu metode komunikasi untuk menciptakan citra positif dari mitra organisasi atas dasar menghormati kepentingan bersama (PR is one of the communication methods to create a positive image by the publics of an organitation on the basic of honoring mutual interest).
Kesan pertama dalam mendefinisikan ini :
1. Komunikasi, adalah ilmu. PR adalah bagian ilmu komunikasi, ilmu yang sedang tumbuh dan mulai digandrungi. PR cukup Ilmiah untuk di pelajari.
2. Citra,
3. Mitra, memberikan kesan yang menarik, memberikan kesan saling memperhatikan. Inilah model masyarakat masa depan, yang sesuai dengan suasana nasional yang membangun.
4. Kepentingan Bersama, (mutual interest), adalah esensi dari kegiatan PR jelas dna menggambarkan dua pihak (two way communication) saat ini menjadi topik internasional. Masalah lingkungan (sosial dan fisik) yang perlu diperhatikan untuk keharmonisan umat manusia.

Frank Jefkins, dalam bukunya Public Relations Technique bahwa secara umum, citra diartikan sebagai kesan seseorang atau individu tentang sesuatu yang muncul sebagai hasil dari pengetahuan dan pengalamannya.
Jalaludin Rachmat dalam bukunya, Psikologi Komunikasi menyebutkan bahwa citra adalah penggambaran tentang realitas dan tidak harus sesuai dengan realitas, citra adalah dunia yang menurut persepsi. Solomon, dalam Rakhmat, mengemukakan sikap pada seseorang atau sesuatu bergantung pada citra kita tentang orang atau obyek tersebut. (Dana saputra, 1995:33)

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.