welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Selasa, 01 Juli 2008

KOMUNIKASI DAN PEMBANGUNAN

KOMUNIKASI DAN PEMBANGUNAN

A. Pembangunan Sebagai Perubahan Sosial
Pembangunan Nasional diinterpretasikan sebagai perkembangan suatu bangsa menuju keperbaikan nasibnya kearah yang lebih baik, lebih maju, lebih makmur.
Dalam hubungannya dengan ilmu dan teknologi dan lingkungan, ada tiga dimensi yang tercakup dalam konsep pembangunan :
pengadaan benda-benda dan jasa-jasa melalui berbagai kombinasi faktor-faktor produksi,
perubahan sosial ekonomi,
hubungan antar manusia dan lingkungan.
Membicarakan komunikasi dan pembangunan tidak akan terlepas dari komunikasi sosial. Komunikasi sosial merupakan salah satu bentuk komunikasi, yaitu merupakan suatu kegaiatan usaha manusia untuk menyampaikan kepada orang lain apa yang menjadi pikiran, harapan, atau pun pengalamannya. Dalam hal ini semua pikiran, harapan, dan pengalaman seseorang dalam komunikasi sosial tersebut akhirnya akan menjadi “milik bersama”. Tetapi komunikasi sosial mengandung arti yang lebih intensif daripada “milik bersama”, yaitu apa yang dikomunikasikan akan mempunyai akibat atas hubungan sosial anggota masyarakat yang menerima apa yang disampaikan oleh komunikator, sehingga komunikasi dalam kehidupan sosial mempunyai kemampuan untuk mengubah suatu masyarakat.
Kegiatan komunikasi sosial dilakukan secara langsung dengan komunikator dan komunikan berhadapan satu sama lain, sehingga efek komunikasi dapat terlihat langsung atau pengaruh pesan akan lebih cepat diterima atuapun ditolak langsung dan bahwa penerimaan atau penolakannya ditentukan oleh seberapa jauh komunikator menggunakan (dan menyesuaikan diri dengan) norma-norma yang berlaku dalam masyarakat yang dihadapinya sebagai komunikan.
Situasi komunikasi sosial adalah komunikasi berlangsung dua arah sehingga dapat terjadi interaksi dan sosialisasi dari apa yang dianjurkan ataupun yang diinginkan sendiri dengan inti nilai-nilai yang dikomunikasikan. Makin cepat komunikator dinilai sebagai ingroup, makin cepat proses sosialisasi bahkan integrasi (dengan diri khas we-feeling) dapat dicapai. Adanya we-feeling (komunikator menikmati kepercayaan dari komunikan) akan menyebabkan komunikasi sosial menghasilkan perubahan sikap (attitude). Perubahan sikap secara bersama dalam suatu masyarakat (social change) merupakan hal yang dituju oleh pembangunan.
Perubahan Sosial (social change) dapat diartikan sebagai segala perubahan pada pranata-pranata sosial dalam suatu masyarakat yang selanjutnya akan mempunyai pengaruhnya pada sistem-sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, pola-pola perikelakuan ataupun sikap-sikap dalam masyarakat tersebut.
Pembangunan merupakan salah satu bentuk dari perubahan masyarakat dan mempunyai akibat atas komunikasi. Pembangunan adalah pemanfaatan dan pengarahan perubahan masyarakat ke arah kemajuan suatu bangsa dalam bentuk materi maupun non-materi. Pembangunan juga merupakan change strategies (strategi perubahan).
Hubungan antara hubungan sosial (yang dilakukan melalui komunikasi) dengan luas luas pengaruh dapat dilihat pada tabel berikut :

TINGKAT HUBUNGAN SOSIAL

Dimensi waktu Mikro
(individu)
Kelompok Makro
(masyarakat luas)
Jangka Pendek Jenis 1
a) perubahan sikap
b) perubahan tindakan Jenis 3
a) perubahan norma
b) perubahan tindakan administratif Jenis 5
a) penggunaan penemuan baru
b) revolusi
Jangka Panjang Jenis 2
Perubahan berulang dalam hidup Jenis 4
Perubahan dalam organisasi Jenis 6
Evolusi sosial budaya

Komunikasi dengan hubungan bentuk perubahan serta lingkup pengaruh dengan struktur pengaruh serta proses pembentukannya melalui “change management” (pengelolaan perubahan)

Sifat khas bentuk perubahan massa
Bentuk struktur

Pengaruh intergroup

Antar pesona

Agen perubahan dengan target interaksi
Agen dalam masyarakat luas atau kelompok
Agen dalam kelompok
Individu dengan individu
Bentuk exposure Medis massa Partisipasi, komunikan, penggunaan media secara selektif Face to face
Bentuk pernyataan Periklanan Pidato, diskusi kelompok, atau konfrontasi Daya tarik, tawar menawar popularisasi diri
Hasil pengaruh Informasi dan diskusi Peningkatan pengertian dan kesadaran akan objek pembangunan Adopsi atau penolakan saran

2 komentar:

lulusgita mengatakan...

mantabs om....thanx info nya cz nanti sore gue UTS KSP...wkkwkwkw

aji ganteng mengatakan...

atur aja pon, hmm dapet ponakan wilayah mana neh ....hehe

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.