welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Minggu, 13 Juli 2008

THE INTERPERSONAL IMPERATIVE

THE INTERPERSONAL IMPERATIVE
Sangat pentingnya Komunikasi Interpersonal

Pernahkah anda berpikir kenapa kita harus berkomunikasi dengan yang lain ? psykolog William Schutz (1966) mengembangkan teori interpersonal yang dibutuhkan, yang menyatakan bahwa kecenderungan kita untuk menciptakan dan menata hubungan tergantung pada sebaik apa mereka mempertemukan tiga unsur dasar yang dibutuhkan (interpersonal basic). Yang pertama adalah perhatian, dan rasa untuk memberi dan menerima cinta dan suka. Kebutuhan kedua adalah inclusion (diakui keberadaannya) yaitu rasa menjadi makhluk social dan menjadi bagian dari group. Kebutuhan ketiga adalah kontrol, yaitu perasaan untuk dapat mempengaruhi atau didengar oleh orang lain atau dalam kehidupan kita.

PHYSICAL NEEDS (Kebutuhan Psikologis)

Pada Kebutuhan mendasar manusia adalah dapat bertahan, dan komunikasi dapat membantu mempertemukan kita dengan hal tersebut. Untuk bertahan seorang bayi harus memberitahu yang lain ketika mereka lapar atau sakit. Dan orang lain harus merespon hal tersebut atau bayi dapat mati. Selain dapat bertahan, anak-anak membutuhkan interaksi untuk dapat maju. Linda Mayes seorang psikolog anak di Yale University, melaporkan seorang anak dapat kelaparan dan menderita jika mereka trouma saat mereka kecil, hal tersebut dapat menambah stress hormonal yang dapat mengganggu control emosi, seorang dewasa yang masa kecilnya kelaparan dapat mengalami kekurangan daya ingat, penakut, hiperaktif, dan impulsive.

SAFETY NEEDS (Kebutuhan Keamanan, Kenyamanan)

Kita selalu membutuhkan rasa nyaman dan aman saat berkomunikasi, jika atap-mu lepas atau rayap sudah menyerang apartemenmu, kamu harus berbicara dengan manajer properti atau pemilik untuk mendapat solusi dan anda akan mendapatkan atap yang aman. Jika seseorang mengancam dirimu maka anda akan menghubungi staf hokum/ keamanan untuk mendapatkan perlindungan, itulah beberapa contoh upaya yang kita lakukan untuk mendapatkan rasa aman. Komunikasi selalu dibutuhkan untuk melindungi kita dari gangguan lingkungan sekitar kita.

BELONGING NEEDS (Kebutuhan Pengakuan Sosial)

Level ketiga dari Hirarki Maslow adalah Hak Milik/Kepemilikan, atau status social, kita semua membutuhkan yang lain untuk bahagia, menikmati hidup, untuk merasa nyaman saat bekerja, dan menambah pengalaman. Kita menginginkan perusahaan lain, penerimaan dan kerjasama, penegasan pengakuan, dan kita membutuhkan penerimaan dan pengakuan kepada yang lain, kita berkomunikasi untuk menemukan status social dengan berbicara kepada orang lain, berbagi rasa secara online, nonton film bareng, dan bekerjasama dalam tim projek. Sehingga anda dapat menemukan informasi baru dan tentang lingkungan dan diri anda.

SELF ESTEEM NEEDS (Kebutuhan untuk di hargai/dihormati)

Lanjutan dari Hirarki Maslow, kita menemukan tentang, kebutuan untuk dihormati/dihargai yang mencakup nilai dan penghormatan dari orang lain atau diri kita. Sesuai dengan penjelasan terdahulu bahwa seorang anak mulai membentuk image dirinya dimulai dari anggapan anggota keluarga kepada dirinya, apakah dia lamban, pintar, cantik dll. Begitu juga orang dewasa, mendapatkan jati diri setelah menerima anggapan dan pendapat orang lain.

SELF ACTUATING NEEDS (Kebutuhan beraktualisasi diri)
Sesuai dengan pandangan Maslow, sebagian besar kebutuhan abstrak manusia adalah Aktualisasi diri(Maslow 1945/1870), ‘Menemukan aktualisasi diri dengan kemajuan penuh dan menggunakan kecerdasan, kemampuan, dan potensi unik dari diri kita’(hal.150).
Untuk mencapai ini kita perlu menemukan potensi diri yang sudah ada, yang mungkin sudah kita miliki. Sebagai manusia kita membutuhkan tidak hanya bertahan, rasa aman, pengakuan, dan penghormatan, kita selalu berkembang dalam pertumbuhan kita. Untuk menjadi diri kita secara penuh menjadi orang yang “mengaktualisasikan diri” kita harus memegang ide yang selalu kita tumbuhkan, kembangkan, dan yang selalu kita rubah.

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.