welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Kamis, 20 Januari 2011

PR pada Sekolah Publik

Komunikasi Teori dan Praktek, Onong uchjana, Rosdakarya,2005,10

Click to get cool Animations for your MySpace profile
MySpace Codes!




Kendala PR pada bidang ini memang agak dilematis, meski banyak orang paham dan menghargai pendidikan sebagai investasi yang baik, tapi publik pun menilai bahwa hasil pendidikan tidak bagus dengan biaya yang mahal.
Hal-hal yang harus diperhatikan adalah ;
1. Meningkatkan pengetahuan tentang isu-isu pendidikan, terutama isu dana, untuk menghilangkan misinformasi dan rumor.
2. Menjalin hubungan dengan konstituen kunci untuk membangun dukungan publik dan membantu memastikan pendanaan yang memadai, termasuk mencari donatur/sumbangan bila perlu.
3. Mendapatkan penerimaan publik terhadap inisiatif pendidikan dan dukungan publik saat melakukan perubahan pendidikan.
4. memperkuat reputasi sekolah dimata audien sasaran.

Hubungan antara institusi pendidikan dan komunitas adalah hubungan yang beragam dan kompleks, sedang audien sasaran utamanya antara lain:
1. Orang tua mempunyai peranan utama sebagai pendukung untuk anggaran yang memadai. Komunikasi terbuka antar orang tua dan wali-murid harus sering dan terbuka.
2. Staf sekolah, tukang kebun hingga kepala sekolah harus dilibatkan sepenuhnya dalam program PR sekolah.
3. Murid merupakan publik paling penting dalam sistem sekolah, pejabat sekolah harus dapat memastikan bahwa siswa tahu tentang kebijakan sekolah, mendapatkan pelajaran yang memenuhi kebutuhan mereka, serta bangga dengan sekolah yang ditempatinya.
4. Komunitas bisnis dan kemitraan sekolah bisa beragam bentuknya, dapat berupa program adopt-school, berbagi sumber daya, konsultasi dengan manajemen dan teknologi, advokasi dengan pemerintah lokal dan internasional untuk menaikan hubungan kepada sekolah publik.
5. Kelompok komunitas, donor potensial, warga yang peduli dan dermawan, dapat direngkuh dengan pertemuan Parent Teacher Association(PTA) melalui acara khusus.
6. Media berita lokal, televisi kabel, website, adalah penting untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan publik, agar lebih informatif dan komunikatif, seperti tantangan yang dihadapi atau kegiatan yang sedang dicapai dan prestasi.
7. Adanya dewan pendidik yang bertindak sebagai perantara publik sekolah dengan administrator profesional, dan keberadaan mendukung dan membantu kebijakan PR. (Effective Public Relations, Scott,Allen,Glen, Kencana Predana Med., 2009,518-519)

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.