welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Senin, 26 Oktober 2009

Unsur-unsur Teori

Unsur-unsur Teori

Yang dibentuk melalui analisis perbandingan, meliputi ;
a. Kategori konseptual dan kawasan konseptualnya.
b. Hipotesis kerja atau hubungan generalisasi diantara kategori dan kawasannya s
c. Integrative.


a. Konseptual dan kawasan nya

Kategori adalah unsur konseptual suatu teori, sedangkan kawasannya(propti) adalah aspek atau unsur suatu kategori.
Contoh ;
Dua kategori dari pelayanan perawat adalah ; 1. pandangan dari segi profesi dan 2. persepsi tentang rasa kehilangan dalam masyarakat.

Pembentukan teori yang dimulai dengan ketogorisasi boleh saja menggunakan teori yang ada, tetapi pembentukan teori dalam penelitian kualitatif tetap lebih mementingkan konsep-konsep yang muncul dari data, dengan alasan :

1. berdasar teori lama maka pembentukan kategorisasi baru dan tujuannya bisa berubah dan bukan lagi pembentukan, tetapi menjadi verivikasi atau seleksi.
2. kategori yang muncul dari data biasanya lebih cocok dan relevan dengan data
3. kecukupan indicator diperlukan bagi muncul-nya kategori hamper tidak menjadi masalah.


Dipihak lain verifikasi suatu teori bertujuan mambangun kesamaan dan variasi dalam konsep yang setingkat. Sedang tujuan pembentukan teori adalah untuk mencapai ketidaksamaan dari ketegori yang muncul. Kemudian mensintesiskan-nya pada sebanyak mungkin konsep dan hipotesis kerja yang digeneralisasikan.

Sintesis tersebut menciptakan hubungan yang jelas dan yang telah siap antara data dan abstraksi konseptual rendah maupun tinggi dari konsep atau teori yang tersedia.

Dengan cara ini maka walaupun sudah banyak konsep atau teori yang tersedia, akan lebih banyak lagi konsep atau teori yang akan terungkap yang selama ini belum terjamah.

Maka untuk itu usaha yang digunakan adalah bekerja secara nontradisional dengan tanpa atau sedikit sekali bekal kepustakaan teknis. Maka akan banyak teori yang muncul dan terungkap dan membuka tabir dalam inkuiri penelitian social(Glaser dan Straus, 1980:3-4)

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.