welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Senin, 26 Oktober 2009

11 CIRI PENELITIAN KUALITATIF 10-11

10. Manusia sebagai alat (instrument)

Dalam penelitian kualitatif peneliti sendiri atau dengan bantuan orang lain merupakan alat pengumpul data utama. Hal ini dikarenakan perlunya ada penyesuaian dilapangan yang hanya dapat di lakukan oleh peneliti sendiri, dan hanya manusia yang dapat berhubungan dengan responden atau objek lainnya, dan hanya manusia yang dapat memahami kenyataan di lapangan.

Untuk menghindari peneliti menjadi factor pengganggu maka peneliti harus dapat beradaptasi dengan objek penelitian/masyarakat, yang dikenal dengan penelitian dengan peran serta (participant-observation).


11. Latar Alamiah

Hal yang diteliti haruslah berlatar ilmiah, dan pada konteks dari suatu keutuhan (entity). Karena menurut Lincoln dan Gube (1985-39) ontology alamiah menghendaki adanya kenyataan-kenyataan sebagai suatu keutuhan yg tidak dapat dipahami jika dipisahkan dari konteksnya. Dengan asumsi ;

1. tindakan pengamatan mempengaruhi apa yang dilihat, maka peneliti harus menjaga keutuhan penelitian untuk pemahaman.
2. konteks berarti dan dapat menentukan apakah dapat mempengaruhi konteks yang lain-nya(diteliti proses saling mempengaruhi).
3. sebagian nilai kontekstual bersifat determinatif terhadap apa yang akan di cari.

Sebagai contoh jika peneliti meneliti tentang mahasiswa kedokteran maka peneliti harus mengikuti subjek-nya seperti masuk ruang kuliah, lab, RS, tempat Mhs berkumpul, asrama, tempat pertemuan lain-nya.

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.