welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Senin, 26 Oktober 2009

Paradigma Penelitian Kualitatif

Isi pembahasan materi ;

- Tiga aksioma paradigma alamiah
- Dua buah asumsi penelitian ilmiah
- Hubungan fungsi teori dengan teori penelitian
- Bentuk formulasi teori yang lebih baik untuk keperluan pelaporan hasil penelitian kualitatif.
- Perlu tidaknya verifikasi teori untuk menyusun teori dari dasar
- Bentuk generalisasi yang digunakan dalam penelitian kualitatif
- Penjelasan konsep saling mempertajam


Pendahuluan

Dalam diri seseorang dalam bertindak sebenarnya sudah terbentuk alasan mengapa ia bertindak dan berprilaku sedemikian, dan terbentuk dalam dirinya perangkat kepercayaan yang didasarkan atas asumsi-asumsi tertentu yang disebut aksioma (istilah Guba) atau paradigma. Dan jika seseorang ingin meneliti secara kualitatif maka perlu mendalami paradigma yang menyertai-nya.

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang mencoba mencari dan menemukan teori, teori substantif atau formal. Yang kesemuanya jelas berasal dari data.

Pertanyaan yang timbul antara lain ;

- Generalisasi
- Kausalitas
- Cara mengungkapkan peristiwa, keadaan, situasi, kebudayaan, organisasi dan semacam-nya. Apakah pendekatan yang dilakukan itu meninjau dari segi dirinya, etik atau dari segi dunia yang dihadapi-nya. Apakah dari segi emik ? secara fenomenologi dalam penelitian kualitatif, seorang peneliti haruslah bersifat emik.

Persoalan dalam paradigma penelitian kualitatif ; segi-segi sutau teori, penyusunan teori, persoalan generalisasi, kausalitas, emik-etik.

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.