welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Minggu, 22 Februari 2009

SKETSA BIOGRAFI JOSE ORTEGA Y GASSET

SKETSA BIOGRAFI JOSE ORTEGA Y GASSET
Biographical Sketch Jose Ortega y Gasset (1883-1955)


Dilahirkan pada 9 mei 1883 di Madrid, Spanyol. Bapaknya Jose Ortega Munilaa, adalah seorang Jurnalis dan Novelis. Ibunya Maria de los Dolores Gasset Chinchilla, merupakan homemaker.

Pengalaman masa kanak-kanaknya membentuk dirinya menjadi sosial dan politikus yang mendiskusikan atara dirinya dan bapaknya juga teman-temannya. Pada usia kedelapan dia mulai berkonsentrasi di a Jesuit school Miraflowers Malaga(1891-1897), dia memulai belajar di universitas pada jurusan hukum dan filsafat Univ Deusto (1897-1898).

Setelah menjalani kuliah di Jesuit dia-pun lulus dengan gelar a Bachelor’s degree Filosofi(1902) dan doktoral (1904) dengan tesisnya berjudul “Los errors del ano mil : critika de una Leyenda” yang artinya “Teror tahun 1000 kritik terhadap Legenda).

Pada tahun 1905, Ortega meninggalkan spanyol, untuk belajar di universitas Leipzeig German, saat belajar di Jerman dia sempat mempelajari Kant, Neitzschr, dan wundt dalam bahasa aslinya. Ia pun belajar sebentar disitu kemudian pindah ke Universitas Marburg. Yang akhirnya Ortega memilih konsetnrasi profesor psikologi, logika, dan etik pada escuela de studios superiores del magistrerio, sekolah biasa di madrid, pada 1910, dia menerima posisi di Central University Madrid sebagai seorang Profesor Metafisik (1910-1936).

Ortega membela Republic Spanyol yang kontradiktif dengan pemerintahan spanyol, dan pekerjaannya di pantau selama proklamasi kediktatoran. Ortega menjadi sukarelawan yang dikirim ke Argentina kemudian Portugal selama perang sipil (1936-1939) karena tidak ingin mendukung saingannya dengan menduduki jabatan staf akademik dibawah Fransisco Franco.

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.
Follow kangazi99 on Twitter