welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Minggu, 01 Juni 2008

Pendekatan khalayak berbeda

Untuk jelasnya situasi khalayak dan pendekatan yang dapat dilakukan komunikator dapat dilihat pada tabel berikut :



Selain harus dapat memahami komunikan, komunikator juga terdapat dua faktor penting yang menentukakan komunikator, yaitu :

Kepercayaan pada komunikator (source credibility)
Daya tarik komunikator (source attractiveness)
Source credibility dan source attractiveness berdasarkan posisi komunikan yang akan menerima pesan, jika :

Hasrat seseorang untuk memperoleh suatu pernyataan yang benar; maka komunikator akan mendapat kualitas komunikasinya sesuai dengan kualitas sampai di mana ia memperoleh kepercayaan dari komunikan dan apa yang dinyatakannya.
Hasrat seseorang untuk menyamakan diri dengan komunikator atau bentuk hubungan lainnya dengan komunikator yang secara emosional memuaskan; jadi komunikator akan sukses dalam komunikasinya, bila komunikator berhasil memikat perhatian komunikan.

Source credibility, yaitu kepercayaan kepada komunikator ditentukan oleh keahliannya dan dapat tidaknya ia dipercaya. Kepercayaan kepada komunikator mencerminkan bahwa pesan yang diterima komunikan dianggap benar dan sesuai dengan kenyataan empiris. Untuk memperoleh kepercayaan yang sebesar-besarnya komunikator bukan saja harus mempunyai keahlian, mengetahui kebenaran, tetapi juga cukup objektif dalam memotivasikan apa yang diketahuinya. Adapun pengaruh kepercayaan pada komunikator, adalah :
Kepercayaan yang besar akan dapat meningkatkan daya perubahan sikap komunikan. Lebih dikenal dan disayanginya komunikator oleh komunikan maka lebih cenderung komunikan untuk merubah kepercayaannya ke arah yang dikehendaki komunikator.

Pesan yang dikomunikasikan mempunyai daya pengaruh yang lebih besar apabila komunikator dianggap sebagai seorang ahli (baik ahli khusus, ahali umum, ahli karena status sosial, atau ahli karena profesi).

Source attractiveness, seorang komunikator akan mempunyai kemampuan untuk melakukan perubahan sikap melalui mekanisme daya tarik. Misalnya komunikator dapat disenangi atau dikagumi sedemikian rupa, sehingga komunikan akan menerima kepuasan dari usaha menyamakan diri dengan komunikator dan melalui kepercayaan yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.