welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Minggu, 01 Juni 2008

Proses Komunikasi Efektif

Mewujudkan Proses Komunikasi Efektif

Bagaiman efek suatu proses komunikasi pada seseorang. Terhadap pesan yang dikomunikasikan bagaimana efeknya dapat diramalkan bagaimana timbul pada komunikan. Upaya untuk hal tersebut dengan menciptakan “the condition of success in communication”, yakni kondisi yang harus dipenuhi kika menginginkan suatu pesan dapat membangkitkan tangggapan yang kita kehendaki. Kondisi tersebut adalah :
- Pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian komunikan.
- Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju pada pengalaman yang sama antara komunikator dan komunikan, sehingga sama-sama mengerti.
- Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan dan menyarankan beberapa cara untuk memperoleh kebutuhan tersebut.
- Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan komunikan yang layak bagi situasi kelompok dimana komunikan berada pada saat digerakkan untuk memberikan tanggapan yang dikehendaki.

Selanjutnya seorang komunikator harus meneliti sedalam-dalamnya tujuan komunikan (know your audience) meliputi hal-hal :
 Waktu yang tepat untuk suatu pesan
 Bahasa yang harus dipergunakan agar pesan dapat dimengerti
 Sikap dan nilai yangharus ditampilkan agar efektif
 Jenis kelompok di mana komunikasi akan dilaksanakan

Perlu juga diperhatikan bahwa komunikan dapat dan akan menerima sebuah pesan jika terdapat kondisi berikut secara simultan : Komunikan dapat dan benar-benar mengerti pesan komunikasi. Pada saat komunikan mengambil keputusan, komunikan sadar bahwa keputusannya itu sesuai dengan tujuannya. Pada saat komunikan mengambil keputusan, komunikan sadar bahwa keputusan itu bersangkutan dengan kepentingan pribadinya. Komunikan mampu untuk menepati baik secara mental maupun secara fisik. Selanjutnya fakta fundamental yang harus diperhatikan oleh komunikator, bahwa :

Komunikan terdiri dari berbagai orang yang saling berinteraksi satu sama lain dalam suatu jaringan pranata sosial, maka setiap orang merupakan subjek bagi berbagai pengaruh diantaranya adalah pengaruh dari komunikator.

Komunikan membaca, mendengarkan, menonton komunikasi yang menyajikan pandangan hubungan pribadi yang mendalam. Tanggapan yang diinginkan komunikator dari komunikan harus menguntungkan bagi komunikan, jika tidak komunikan tidak akan memberikan tanggapan.
Kalau khalayak telah kita ketahui selanjutnya menentukan langkah-langkah penganalisisan khalayak seperti digambarkan oleh Dan B. Curtis dkk. sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.