STAF DAN PANITIA
Staf adalah :
Setiap petugas yang khususnya diangkat untuk memberi layanan dan nasehat kepada manajer di dalam organisasi pada bidang khusus yang menjadi keahliannya.
Panitia menurut Koontz O’donnel ;
“..... a group of person to whom as a group, some matter is commited.”
Panitia menurut Louis A.Allen ;
Sejumlah orang yang diangkat atau pilihan untuk berkumpul pada suatu dasar tersusun (organize basic) guna mempertimbangkan soal-soal yang diajukan kepadanya.
Tujuan orgnisasi staf adalah :
Memungkinkan spesialisasi dalam manajemen tetapi anggota-anggota staf tidak boleh memberi perintah langsung kepada anggota-anggota organisasi kecuali kepada anggota-anggota bagian staf mereka sendiri, karena mereka tidak memiliki kekuasaan komando.
KUALIFIKASI STAF
Untuk menentukan staf dengan kulitas dan kualifikasi tertentu di tempuh cara:
Wawancara, Questionare, Observasi, Test Lapangan.
Beishline mengemukakan 6 pokok hal kualifikasi staf :
1. Pengetahuan yang luas tentang organisasi, badan, perusahaan tempat kerja.
2. Mempunyai sifat-sifat ; Loyalitas, tenaga yang besar, kesehatan, inisiatif, pertimbangan yang baik, kepandaian bergaul.
3. Mempunyai semangat kerjasama yang ramah tamah
4. Kestabilan emosi dan tingkah laku yang sopan
5. Kesederhanaan
6. Kemauan baik dan optimisme
Penambahan Staf baru mengandung beberapa konsekwensi :
a. Menambah biaya administrasi
b. Struktur organisasi makin kompleks
Karena hal tersebut harus tegas pembagian authority, responsibility, accountability
JENIS-JENIS STAF
Jenis staf dapat digolongkan berdasarkan banyaknya pimpinan yang dilayani, staf dapa melayani khusus seorang piminan saja dapat pula melayani seluruh unsur pimpinan.
Staf dapat dibedakan menjadi :
a. Specialist staf atau staf khusus
b. Personnel staf atau staf pribadi
Sifat khusus staf spesial :
a. Terbatas pemberian nasehat dan bantuan, tidak mempunyai kekuasaan terhadap elemen organisasi lain.
b. Nasehat diberikan pada bagian atau seksi serta kepada staf lain
c. Nasehat bantuan untuk lapangan tertentu ; seperti hukum, marketing dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar