welcome

Selamat datang dan Selamat bergabung ... Selamat datang dan Selamat bergabung ...Selamat datang dan Selamat bergabung

Senin, 14 April 2008

Komunikasi Interpersonal

Prediksi Dalam Komunikasi Interpersonal

Dari pembahasan mengenai keampuhan Komunikasi Interpersonal sebagai agent of change tersebut di atas sudah dapat kita prediksi dari Komunikasi Interpersonal yaitu efek yang diharapkan dari proses berlangsungnya Komunikasi Interpersonal.
Adapun hal-hal yang dapat diprediksi dalam Komunikasi Interpersonal dapat kita tinjau dari tiga sudut :
1. Prediksi analisis sosiologis. Yaitu mengukur dan memperkirakan keberhasilan/efek dari Komunikasi Interpersonal melalui analisis sosiologi. Seperti kita sosiologi adalah ilmu mengkaji interaksi sosial, klasifikasi sosial, kelompok dan pranata sosial. Ditinjau dari segi interaksi maka Komunikasi Interpersonal dapat diprediksi berdasarkan tingkatan komunikasi dan tingkatan hubungan seperti tergambar dalam tabel berikut :

Tingkatan Interaksi
Keterangan
Tingkatan Komunikasi Tingkatan Hubungan
Basa-basi (sekedarnya) Seadanya -
Gosip Teman -
Ide Tugas -
Berbagi rasa/respek Sahabat Dapat melakukan Komunikasi Interpersonal

Dari segi klasifikasi sosial prediksi Komunikasi Interpersonal dapat ditinjau dari segi kedudukan/status individu seperti yang akan dibahas pada Bab III Pasal A. di bawah nanti.
2. Prediksi analisis kultur. Yaitu Komunikasi Interpersonal diprediksi dari segi pola pikir, pola perilaku sistem nilai, dan pola kebiasaan dalam proses komunikasinya terutama ditujukan pada komunikannya.
3. Prediksi pendekatan sosiologis. Yaitu mengukur dan memperkirakan keberhasilan/efek dari Komunikasi Interpersonal dikaitkan dengan lingkungan sosial. Atau kajian konteks sosial dari proses Komunikasi Interpersonal.

Tidak ada komentar:

Main game yuk !

Sorry, you will need the <a href="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer/" target="_blank">Flash Player</a> to play this game.
Add Games to your own site

Saran dan Masukan

Bagi anda yang ingin berbagi, memberikan masukan, komentar, pertanyaan, mengirim artikel & ingin ditayangkan, silahkan kirim ke ajias66@gmail.com.